Tutorial Surat Permohonan Dana Kemanan RT


Langkah-langkah Membuat Surat Permohonan Dana Kemanan RT



1. Menentukan Tujuan Surat
Sebelum membuat surat, Ketua RT harus menentukan tujuan surat terlebih dahulu. Apakah untuk memperbaiki jalan, memasang CCTV, atau membangun pos ronda.
2. Menyusun Daftar Kebutuhan
Setelah menentukan tujuan surat, Ketua RT harus menyusun daftar kebutuhan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, jika tujuan surat adalah memasang CCTV, maka Ketua RT harus mencantumkan jumlah CCTV yang dibutuhkan dan spesifikasinya.
3. Menjelaskan Manfaat Kemanan
Dalam surat permohonan, Ketua RT harus menjelaskan manfaat keamanan yang akan diperoleh jika permohonan dana disetujui. Misalnya, dengan memasang CCTV, kejahatan di lingkungan RT dapat dikurangi.
4. Menyebutkan Sumber Dana
Ketua RT harus menyebutkan sumber dana yang akan digunakan untuk membiayai proyek keamanan. Apakah dari dana RT atau dari pihak sponsor.
5. Menjelaskan Rencana Pelaksanaan
Ketua RT harus menyampaikan rencana pelaksanaan proyek keamanan yang akan dilakukan jika permohonan dana disetujui. Misalnya, jika proyek adalah memasang CCTV, Ketua RT harus menjelaskan kapan dan di mana CCTV akan dipasang.
6. Menyampaikan Permohonan
Setelah semua informasi terkumpul, Ketua RT dapat menyampaikan permohonan dana ke pihak yang dituju dengan cara menulis surat permohonan.


Contoh Surat Permohonan Dana Kemanan RT



Kepada Yth.
Bapak/Ibu Walikota [Nama Kota]
Dengan hormat,
Kami yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama: [Nama Ketua RT]
Jabatan: Ketua RT [Nomor RT]
Alamat: [Alamat RT]
Telepon: [Nomor Telepon]
Dengan ini mengajukan permohonan dana untuk meningkatkan keamanan lingkungan di RT kami. Adapun kebutuhan yang dibutuhkan adalah memasang CCTV di titik-titik strategis.
Manfaat yang akan diperoleh dari proyek ini adalah mencegah tindak kriminalitas di lingkungan RT kami. Sumber dana yang akan digunakan adalah dari dana RT dan sponsor.
Rencana pelaksanaan proyek adalah memasang CCTV pada bulan Mei 2023 di titik-titik yang telah ditentukan. Kami berharap permohonan kami dapat dipertimbangkan.
Demikianlah surat permohonan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan harap mendapat perhatian dari Bapak/Ibu. Terima kasih.
Hormat kami,
[Nama Ketua RT]


Kesimpulan



Membuat surat permohonan dana kemanan RT bukanlah hal yang sulit. Dengan langkah-langkah yang tepat dan informasi yang lengkap, Ketua RT dapat menyusun surat permohonan yang efektif untuk meningkatkan keamanan lingkungan di RT.

close